MENGUASAI DIGITAL ADALAH SHORTCUT KESUKSESAN BISNIS & USAHA ANDA
Ditulis oleh : Abu Adzka
Internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia saat ini. Ya, setidaknya untuk mayoritas penduduk bumi. Pada awal 2022 saja sudah 62,5% penduduk bumi yang bisa mengakses internet.
Berdasarkan data We Are Social & Hootsuit dalam laporan Digital 2022 Global Overview Report, dari 7,91 miliar populasi dunia, sebanyak 4,95 miliar penduduk atau 62,5% sudah mengakses internet. Adapun jumlah pemegang telepon genggam mencapai 5,31 miliar orang atau 67,1% dari populasi.
Nah, makanya wajar saja jika manusia kekinian kian tergantung terhadap perangkat digital dan akses internet. Banyak hal kini dilakukan melalui akses ke dunia maya, seperti mencari informasi, bekerja, belanja maupun bersosial media untuk menyapa teman, kerabat atau keluarga.
Sumber yang sama juga menyebutkan bahwa rata-rata orang menghabiskan 6 jam 58 menit per hari untuk terhubung atau memakai internet. Dan, 92,1% orang mengakses internet memakai perangkat seluler.
Selama tahun 2021 jumlah pengguna internet global naik 4%, melambat jika dibandingkan 2020 yang naiknya mencapai 7,7% di tengah situasi pandemi.
Pengguna internet di Indonesia sendiri mencapai 73,7% dari total penduduk. Menurut Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 273,87 juta jiwa pada 31 Desember 2021 (databoks.katadata.co.id). Artinya, ada sekitar 201,8 juta orang yang punya akses ke internet di Indonesia pada awal 2022.
Sekarang mari kita kupas data pengguna sosial media di Indonesia tahun 2022 :
1. Pengguna Facebook di Indonesia berjumlah 129,85 juta orang per Januari 2022
2. Pengguna Instagram aktif bulanan mencapai 99,9 juta pengguna.
3. Pengguna Tiktok Indonesia sebesar 99,1 juta orang pada April 2022.
4. Pengguna Youtube di Indonesia berada di posisi ketiga setelah India dan Amerika, yaitu 127 juta pengguna.
5. Pengguna aktif Twitter di Indoensia jumlahnya tercatat sebanyak 18,45 juta pengguna pada Januari 2022.
6. Pengguna Whatsapp di Indonesia merupakan pengguna terbanyak ketiga di dunia yang jumlahnya mencapai 84,8 juta pengguna pada Juni 2021.
Berdasarkan data pengguna sosial media di Tanah Air yang telah saya rangkum dari berbagai sumber, maka untuk strategi selanjutnya adalah tinggal bagaimana para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melakukan positioning dan menentukan platform digital apa yang akan digunakan sebagai media promosi, media branding dan media untuk memasarkan produk atau layanan jasa kepada target pasar.
Beberapa UMKM di Indonesia telah melakukan digital marketing dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, Twitter dan YouTube. Tidak hanya itu, ada juga UMKM yang menjual produknya di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Media sosial dan marketplace cukup efektif dalam memasarkan semua produk dan memudahkan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen.
Saat ini, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sudah mulai berkembang mengikuti tren dan perkembangan zaman. Hingga Juni 2022 tercatat sebanyak 19 juta UMKM sudah terhubung ke dalam ekosistem digital. Menurut Kemenkop UKM, pertumbuhan tersebut lebih cepat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berbagai upaya untuk menarik minat konsumen telah dilakukan oleh para pelaku UMKM. Tidak hanya itu, sebagian besar UMKM di Indonesia telah berhasil memasarkan produknya sampai ke luar negeri. Hal tersebut tentu sangat membantu serta menopang perekonomian di Indonesia.
Setelah menelaah bagaimana perkembangan UMKM Indonesia di Era Digital ini, sangat dapat dipastikan bahwa masa depan UMKM Indonesia akan semakin maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan tren yang ada. Biidznillah.
Bagaimana, apakah Anda tertarik bekerja sama dengan Markaz Digital sebagai Digital Marketing Agency yang akan membantu memajukan usaha, bisnis atau political branding Anda ?
Kami tunggu telepon atau pesan whatsapp Anda. Terima kasih.
Salam Digital
Abu Adzka
(Founder Markaz Digital)


Komentar
Posting Komentar