Langsung ke konten utama

STRATEGI DIGITAL BRANDING

STRATEGI DIGITAL BRANDING

Oleh : Abu Adzka


Saat ini Digital Branding menjadi pilihan strategi pencitraan dan pemasaran terfavorit yang banyak dipilih oleh para pelaku bisnis, UMKM, bahkan hingga para Politisi, Parpol dan Calon Pejabat. Pasalnya metode marketing ini sangat efektif dan efisien dalam membangun kepercayaan publik maupun pelanggan, sekaligus menjadi pembeda dengan kompetitor yang ada.

Terlebih di era digital seperti saat ini, banyak konsumen mencari informasi melalui internet. Bahkan sebagian dari mereka juga menyukai berbelanja secara daring. Oleh karena itu, membangun digital branding sangatlah penting untuk bisnis.

Branding adalah upaya yang dilakukan bisnis untuk membuat usahanya dikenal publik dan membedakan dirinya dari kompetitor. Branding biasanya ditampilkan dalam bentuk kalimat, desain, atau ide yang membuatnya mudah dikenali oleh publik.

Disi lain, bisa dikatakan bahwa branding merupakan strategi kreatif untuk menunjukkan kepada calon pelanggan mengenai siapa Anda, apa yang Anda kerjakan, apa yang Anda aware dan mengapa begitu penting untuk bekerjasama dengan Anda

Digital branding merupakan proses membangun cerita, narasi, identitas dan kehadiran brand Anda di ruang digital. Oleh karena itu, proses ini dilakukan melalui website, aplikasi, sosial media dan sejenisnya.

Digital branding adalah kunci untuk membangun hubungan yang bermakna dengan target audiens Anda secara online. Anda juga dapat dengan mudah mengenalkan produk Anda ke pelanggan dengan memanfaatkan jaringan internet.

Setelah digital branding berhasil Anda bagun, akan memudahkan langkah Anda kedepannya. Misalnya untuk menjalankan strategi marketing, baik untuk memperkenlkan produk baru atau penawaran khusus lainnya seperti diskon, paket bundling dan lainnya.

 Kenapa Digital Branding Penting?

Saat ini sebagian besar orang mencari informasi melalui internet. Hal ini menjadikannya penting bagi brand untuk menjangkau target pelanggan dan mengubahnya menjadi loyalis jangka panjang.

Namun sebelum itu, bisnis harus bisa membangun digital branding yang kuat agar bisa menjangkau target pelanggan mereka. Pasalnya, digital branding memungkinkan perusahaan mana pun untuk menonjolkan keberadaannya dikenal dimana saja, bahkan hanya melalui telepon gengam Anda.

Selain itu, masih ada banyak alasan pentingnya digital branding seperti berikut:

– Membangun interaksi baik dengan pelanggan

Anda bisa memanfaatkan digital branding untuk membangun “image” bisnis Anda ramah terhadap pelanggan. Dimana pelanggan lebih mudah untuk berinteraksi dengan Anda melalui branding yang Anda bangun secara online. Misalnya Anda bisa membuat storytelling yang menceritakan produk Anda melalui GIF atau konten-konten interaktif. Kemudian pada konten tersebut, calon pelanggan diajak interaksi dengan menjawab pertanyaan yang Anda berikan.

– Memorable

Anda bisa membuat konten-konten untuk untuk membangun brandi Anda. Setelah itu Anda bisa membagikan konten tersebut kesemua platform media sosial Anda agar mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu Anda juga bisa mengikuti tren yang sedang booming di internet.

– Mengenalkan brand Anda

Seperti yang dibahas sebelumnya, internet merupakan cara terbaik untuk mengenalkan brand Anda. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan keunikan produk Anda sehingga bisa menonjol dibandingkan dengan kompetitor.

– Memperluas networking

Bebeda dengan branding konvensional, dengan digital Anda tidak dibatasi oleh wilayah dan waktu. Hal ini sangat menguntungkan, sebab Anda bisa menjangkau lebih banyak koneksi. Dengan begitu, membuka kesempatan Anda untuk bekerjasama dengan lebih banyak bisnis lainnya.

Strategi Penerapan Digital Branding yang Efektif

1. Ciptakan Logo Bisnis

Logo adalah suatu gambar yang mewakili brand Anda dan harus mudah diingat oleh pelanggan. Contoh seperti logo perusahaan Apple dengan satu gigitan pada buah apelnya atau Nike dengan “ceklis”nya. Untuk membuat suatu logo harus merepresentasikan kepribadian dan value bisnis, industri Anda, dan target audiens. Tidak harus mencolok, namun logo yang baik adalah yang meninggalkan kesan dan mudah diingat. Anda harus ingat bahwa audiens setiap harinya akan bertemu ribuan logo dari setiap usaha di internet.

2. Buat Website Bisnis

Jika logo Anda adalah tanda untuk bisnis Anda, maka website Anda adalah lokasi etalase digital Anda. Ketika pelanggan ingin mengetahui lokasi fisik Anda, jam operasi Anda, daftar produk Anda atau informasi kontak Anda, mereka tidak akan menggali melalui buku telepon. Mereka akan cari website Anda di mesin pencari seperti Google, tempat mereka berharap menemukan informasi dengan cepat dan mudah.

Website yang efektif memiliki:

  • Tampilan sederhana dan mudah dinavigasi.

  • Desain yang ramping dan menjaga konsistensi brand dengan skema warna yang konsisten atau melengkapi logo Anda.

  • Jadikan nama brand dan detail penting Anda menonjol dengan font yang tebal dan dapat dibaca.

  • Buat halaman tetap ringkas dan to-the-point.

3. Brand Messaging

Brand messaging adalah pesan apa yang ingin Anda sampaikan, dan bagaimana menyampaikannya kepada calon pelanggan. Pesan harus mencerminkan apa yang dilakukan dan diyakini oleh perusahaan Anda, dan berbicara secara singkat tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda.

Brand message yang baik dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apa yang bisnis Anda kerjakan?

  • Apa yang bisnis Anda perjuangkan?

  • Mengapa bisnis Anda sangat penting?

Brand message ibarat core value sebuah bisnis. Tanpa core value, sebuah bisnis akan kehilangan arah.

4. SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) dapat memastikan penawaran brand Anda ditemukan di mesin pencari (search engine), salah satu jalan utama di mana pelanggan mencari layanan Anda. Anda dapat memulai dengan mendesain website Anda dengan mempertimbangkan SEO. Tempat yang bagus untuk memulai adalah Google Webmaster Guidelines, yang menjelaskan bagaimana Google mengindeks dan memberi peringkat pada situs. Berikut adalah salah satu tips utama Google:

  • Pastikan bahwa setiap halaman website dapat dijangkau dengan tautan dari halaman lain yang dapat ditemukan.

  • Batasi jumlah tautan pada halaman hingga paling banyak seribu.

  • Desain halaman utamanya untuk user, bukan mesin pencari.

  • Pertimbangkan apa yang membuat website Anda bermanfaat dan menarik.

  • Jadikan website Anda menonjol dari yang lain dengan memberikan informasi nilai tambah.

  • Pantau terus situs Anda dari ancaman tautan rusak dan peretasan (hacking).

Gunakan keywrod search tool seperti Ubersuggest, Ahrefs, SEMrush, atau Keywordtool untuk menemukan kata-kata yang sering dicari yang dapat Anda gunakan sebagai copy dan untuk memastikan skema Anda (kode situs web yang mengidentifikasi data pada halaman Anda) dan meta tag (potongan teks yang menggambarkan halaman konten) dioptimalkan untuk search engines.

5. Content Marketing

Saat ini tidak cukup Anda hanya menggunakan iklan sebagai strategi marketing. Untuk mendapat hati pelanggan setiap dan kembali menggunakan produk Anda, penting untuk melakukan engagement dengan pelanggan. Di situlah content marketing memiliki peran penting. Di mana digital marketing fokus pada penjualan, content marketing fokus pada engagement melalui foto, video, bahkan blog yang Anda baca saat ini.

Content marketing yang sukses harus menstimuli minat pada brand Anda dan membuat pelanggan bersemangat terhadap produk dan message Anda. Hal tersebut membantu membangun kepercayaan antara brand dan pengguna, dan berupaya membangun hubungan yang langgeng dan bermanfaat. Di saat digital marketing memperkenalkan pelanggan ke brand Anda, content marketing yang sukses harus membuat mereka tetap tertarik, mengubah pengguna satu kali menjadi penggemar setia.

6. Social Media

Saat ini hampir semua orang memiliki media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter dan Youtube. Maka, jika semua calon pelanggan Anda ada dan berkumpul di sana, brand Anda pun seharusnya juga ada di sana.

Sesuaikan setiap postingan dengan platform media sosial yang Anda gunakan. Saat menggunakan media sosial, berpikirlah seperti seorang influencer. Jadwalkan postingan untuk waktu dan tanggal tertentu, berinteraksilah dengan pelanggan atau audiens melalui kolom komentar, dan tanggapi direct message pada media sosial Anda. Dan jangan lupa untuk melacak progres Anda.

Sementara Google Analytics akan menunjukkan kepada Anda halaman mana yang mendorong tindakan pelanggan dan halaman mana yang tertinggal. Lalu platform seperti Qontak.com dapat Anda gunakan sebagai platform CRM untuk melayani pelanggan dari seluruh channel media sosial Anda dalam satu platform saja.

7. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan orang-orang dengan pengikut media sosial yang besar untuk memposting tentang brand Anda. Daripada memasarkan langsung ke sekelompok pelanggan, Anda menempatkan pesan brand Anda di tangan “aktris” media sosial yang akan menyebarkan endorsement untuk Anda. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 80% global marketer meluncurkan kampanye influencer pada tahun 2015.

Prosesnya cukup mudah: Kerjasama dengan influencer dan bayar mereka sejumlah biaya atau komisi untuk membicarakan brand Anda kepada pengikut mereka. Setelah membangun basis pengikut dan kepercayaan mereka dari waktu ke waktu, sebagian besar influencer dipercaya oleh jaringan mereka dan dapat menanamkan brand dengan relatabilitas.

Ada beberapa jebakan yang harus dihindari. Influencer yang Anda pilih harus relevan dengan gaya hidup yang sesuai oleh brand Anda. Anda tidak ingin bekerjasama dengan influencer kebugaran untuk menjual pastry atau brownies bukan? Karena influencer adalah manusia, mereka mungkin memiliki pandangan yang tidak sesuai dengan value brand Anda, yang dapat merusak reputasi kedua belah pihak. Jadi pilihlah dengan hati-hati, dan tentukan dengan jelas cara yang dapat diterima untuk membicarakan produk Anda.

So, manfaatkanlah Digital Branding untuk meningkatkan citra bisnis Anda di mata Pelanggan!

Dan jika Anda membutuhkan layanan jasa Digital Branding, Anda bisa menghubungi layanan Whatsapp Center kami sekarang juga dan dapatkan informasi selengkapnya mengenai jasa yang Anda butuhkan, klik di sini.

Komentar

About Me

Foto saya
Abu Adzka
Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Postingan populer dari blog ini

POLLING ELEKTABILITAS PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2024 KAB. BOGOR

Bismillahirrohmaanirrohiim POLLING ELEKTABILITAS PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2024 KAB. BOGOR Oleh : Abu Adzka Bogor, Rabu, 29 Maret 2023   Seperti yang telah diketahui bahwa sesungguhnya antara polling dan politik merupakan kedua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki hubungan simbiosis mutualisme yang sama-sama saling melengkapi dan menguntungkan. Sifat polling yang memberikan hak yang sama kepada semua orang untuk menilai dan bersikap membuat polling dipandang sebagai representasi opini publik.  Polling dapat dilakukan sebelum pemilihan dilakukan (pra election), saat tahapan berlangsung (on election) dan setelah pemilihan berlangsung (quick count atau exit poll). Adapun polling pra election sebagaimana polling yang kamii rilis ini sangat berguna untuk mengetahui partai politik mana yang paling memiliki derajat elektabilitas tinggi. Secara konseptual, terdapat dua strategi dalam polling yaitu bandwagon and underdog effect. Bandwagon effect merupakan fenomena...

ARTI SAHABAT

"Janganlahlah engkau berteman kecuali dengan orang yang mampu menjaga rahas iamu dan me nutupi kekuranganmu. Ia berada di sampingmu kala duka. Kala suka, ia akan mendahulukan dirimu. Dia akan mengatakan pada orang lain kebaikanmu tetapi akan menutupi keburukanmu."  (Imam Ghazali) Arti sahabat adalah seorang teman dekat di mana Anda bisa saling berbagi kasih sayang. Kedekatan dalam sebuah persahabatan lebih dalam dibandingkan kedekatan dengan teman biasa. Selain berbagi kasih sayang, dengan sahabat biasanya Anda memiliki keyakinan dan nilai-nilai yang sama. Hal inilah yang membuat Anda dengan sahabat cocok dan semakin dekat. Dilihat dari segi komunikasi, Anda mungkin hanya berbicara kadang-kadang dengan teman biasa. Namun dengan sahabat, komunikasi yang Anda lakukan lebih intens, di mana Anda lebih sering mengobrol dari hal-hal penting hingga hal sepele. Dengan sahabat, biasanya Anda merasa aman berbagai hal apa saja dibandingkan dengan orang lain. B...

Peran DPC Partai Gelora Bojonggede Dalam Menyongsong Pemilu 2024

Peran DPC Partai Gelora Bojonggede Dalam Menyongsong Pemilu 2024   Pengurus DPC Partai Gelora Bojonggede   Salah satu wujud keterlibatan masyarakat dalam proses politik adalah pemilihan umum (PEMILU). Pemilu merupakan sarana bagi masyarakat untuk ikut serta dalam menentukan figur dan arah kepemimpinan negara atau daerah dalam periode tertentu. Ketika demokrasi mendapat perhatian yang luas dari masyarakat dunia, penyelenggaraan pemilu yang demokratis menjadi syarat penting dalam pembentukan karakter kepemimpinan sebuah negara. Pemilu dengan sistem proposional terbuka memiliki fungsi utama untuk menghasilkan pemimpin yang benar-benar mendekati kehendak rakyat. Oleh karena itu, pemilu merupakan salah satu sarana legitimasi kekuasaan. Pemilu dapat dikatakan aspiratif dan demokratis apabila memenuhi beberapa persyaratan.  Pertama, pemilu harus bersifat kompetitif, dalam artian peserta pemilu harus bebas dan otonom.  Kedua, pemilu diselenggarakan secara berkala, dalam a...